Minggu, 07 Maret 2010

Pelatihan Digitalisasi Naskah Nusantara Ke-2

Melihat pelatihan digitalisasi ke-1 yang diadakan Januari 2010 lalu berjalan dengan lancar dan sangat bermanfaat serta mendapat apresiasi dari berbagai pihak, Manassa memutuskan untuk mengadakan kembali pelatihan digitalisasi naskah Nusantara. Tujuan pelatihan ini adalah a). Menyiapkan tenaga-tenaga terlatih yang memiliki keterampilan teknis operasional penggunaan kamera digital untuk kepentingan digitalisasi naskah kuno, baik melalui pemotretan manual (manual shooting) di kamera, maupun melalui koneksi komputer (remote live view shooting), b). Memberikan bekal pengetahuan tentang standar internasional digitalisasi naskah kuno, yang disesuaikan dengan karakteristik naskah Nusantara (bentuk naskah yang beragam, dan lain-lain) c). Memberikan pengetahuan tips dan trik digitalisasi naskah Nusantara berdasarkan pengalaman empiris di lapangan, d). Memberikan pelatihan mengenai cara pengolahan data gambar menjadi bentuk yang siap pakai, baik untuk keperluan perpustakaan naskah digital, maupun untuk penyimpanan dalam bentuk cakram padat, e). Memberikan pengetahuan tentang cara penyusunan metadata naskah digital yang diperlukan bagi pengembangan perpustakaan naskah digital f). Memberikan advokasi tentang pentingnya kebijakan pemeliharaan naskah-naskah klasik Nusantara

Pelatihan digitalisasi naskah Nusantara ini akan diadakan pada tanggal 18-20 Maret 2010 di Gedung PPIM, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Ciputat, dengan fasilitator dan narasumber yang sudah berpengalaman di bidang masing-masing. Selain materi mengenai digitalisasi, akan diberikan pula materi mengenai preservasi naskah dengan narasumber ahli, Dr. Manfred Anders, Managing Director di Zentrum fuer Bucherhaltung, Jerman.

Peserta pelatihan terbuka untuk masyarakat umum dengan kontribusi biaya sebesar Rp500.000,00/orang. Biaya pendaftaran dapat dibayarkan melalui transfer ke rekening Manassa di Bank BNI Cabang UI Depok, dengan nomor rekening 0162-1397-10 atas nama Amyrna Leandra Saleh (Bendahara Umum Manassa). Bukti transfer dapat difaks ke nomor (021) 787-0623. Demi efisiensi dan tercapainya tujuan pelatihan, untuk setiap angkatan, peserta hanya dibatasi sebanyak 10-15 orang. Pendaftaran dibuka sampai tanggal 10 Maret 2010.

Peminat diwajibkan memberitahukan identitas melalui faks ke nomor (021) 787-0623 sebelum melakukan transfer pembayaran biaya pendaftaran. Akomodasi ditanggung peserta, panitia hanya dapat membantu memfasilitasi pengurusan penginapan di Syahida Inn UIN Jakarta, jika diperluklan.

Masing-masing peserta akan mendapatkan fasilitas berupa: a). ruang pelatihan indoor dan outdoor, b). fasilitas digitalisasi (kamera, tripod, komputer/laptop), meski masih dalam jumlah terbatas c). sertifikat dari Manassa, dan d). konsumsi selama kegiatan. Selain itu, setiap alumni pelatihan akan tercatat dalam database Manassa, serta memiliki kemungkinan untuk dilibatkan dalam program-program digitalisasi naskah Nusantara yang akan semakin digalakkan pada masa-masa yang akan datang.

Jika ada hal-hal yang kurang jelas, silahkan hubungi Sdr. Dhanny di 021-787-0623, atau 0856-8510630.

Proposal lengkap kegiatan ini dapat dilihat di:

http://www.manassa.org/main/sb/index.php?detail=20100216191753, atau (bagi pengguna Facebook) di:

http://www.facebook.com/note.php?created&&suggest¬e_id=310396233339

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Komentari