Ketika mood mengambil kendali

Oleh
Reza Saeful Rachman

apa yang bisa kita lakukan apabila ada sebuah tarikan magnet yang maha dahsyat menarik perahu kita terombang-ambing di laut lepas tanpa ada batas kala yang terlihat hanyalah pandangan yang horizontal? Semuanya terlihat amat objektif dan siapapun akan terjebak dalam hal yang sama. Saya akan memberikan jaminan dan garansi seumur hidup untuk hal itu. Saya pun yakin sosok sekaliber superman pun tidak akan sanggup menahannya. Saat trembling blue sky menyanyikan lagunya “i've tired, i've tried” kita pun akan memakluminya. Mood akan ikut andil dalam proses kita untuk beristirahat sejenak. Sebuah elemen kecil yang bisa membuat kita amat pusing dan tertekan.
Fenomena nyata dalam kehidupan ini bagaikan monster laba-laba yang siap menakuti setiap saat. Saya sepakat dengan lirik dari pink floyd “heaven from hell blue sky some pain”, tampak amat tidak relevan namun begitulah adanya apabila kita sedang terjebak pada situasi seprti ini. Istirahat dan rekreasi adalah cara efektif untuk menghilangkan masalah ini. Tapi akan sangat menyebalkan jika hal itu dilakukan secara terus menerus. Solusi yang melelahkan. Terlalu diacuhkan pun malah akan membentuk sebuah kurva stagnasi yang tak berujung dan tidak bersolusi. Pantas saja tercipta genre shoegaze, slowcore,dan malysian rock. Genre-genre musik sebagai suatu pengekspresian ketika kita sedang luluh lantah.

CINTA
bahasan tentang sebuah kata yang terdiri dari 5 huruf ini amat dahsyat, klise namun amat lekat dengan hidup kita. Hal yang dianggap secuil ini mampu mengubah bahkan merusak segalanya. Maka berhati-hatilah. Sekuat atau setegar apapun kita tak dapat menjamin bahwa kita dapat menguncinya.banyak tokoh-tokoh besar sudah hangus berjatuhan lihat saja napoleon bonaparte, soekarno, aa gym,dan masih banyak lagi. Bahkan sang presiden dan konseptor rock n roll john lennon pun tak dapat berbuat apa-apa ketika yoko ono masuk menghias hidupnya. Dia hanya bisa mengungkap lewat lagu-lagunya saja. Pahlawan punkrock ramones pun menyanyikan lagu cinta. Tampilan pun tak jadi garansi lagi. Tampang metal hati balads slowrock. Memang sebuah tampilan pun tidak akan terlhat seperti yang terpampang sebelumnya saat kita terjebak dalam situasi seperti ini. Yang terbaru adalah mxpx, sebuah band beraliran melodic punk yang album terakhirnya berisi lagu-lagu yang bernafas cinta. Berbeda dengan lagu-lagu pada album sebelumnya yang lebih mengangkat tema sosoal dan lingkungan.
Akan tetapi semuanya tampak manusiawi dan menjadi suatu kewajaran yang memang harus ada. Saya amat setuju dengan itu. Bukan kah disaat kita mengalami kegalauan tingkat tinggi tanpa kita sadari itu adalah sebuah esensi rasa yang amat indah? Tidak diherankan apabila tuhan menciptakan rasa sedih dan juga cinta dalam diri setiap insanNYA. Pergunakanlah rasa itu semaksimal mungkin dan rasakan esensinya. Dengan itu pasti akan terasa sangat spektakuler apabila kita mendengarkan lagu dari the carpenters, sigur ros, dan exist atau lain sebagainya. Sheila on 7 pun memberikan judul”anugerah terindah yang pernah ku miliki” untuk lagunya. Semangat!.